MESIN DAN BAGIAN BAGIANNYA
Secara garis besar kontruksi mesin yang dipasang pada sepeda motor dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, antara lain:
- Bagian kepala silinder (Cylinder head),
- bagian blok silinder (Cylinder barrel),
- Bagian bak engkol (Crank-case),
KEPALA SILINDER (CYLINDER HEAD).
Bagian teratas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder yang mana fungsi nya adalah sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan juga berfungsi sebagai tempat kedudukan komponen lainnya yang tidak kalah pentingnya guna kelancaran dan kelangsungan hidupnya esin yang bersangkutan.Kepala silinder biasanya dibuat dari logam aluminium campuran, agar dapat tahan pada temperatur yang tinggi dan massa nya ringan. Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder yang di perkuat oleh baut kepala silinder, diantara kepala silinder dan blok silinder dipasang perapat berupa gasket atau paking, agar kompresi mesin atau gas pembakaran tidak bocor.Kegunaan gasket disamping untuk merapatkan kedua bagian tersebut di atas, juga berfungsi agar bila kepala silinder akan dibuka untuk di service menjadi mudah dan paking nya tidak rusak. terdapat perbedaan antara mesin empat langkah dan dua langkahKEPALA SILINDER EMPAT LANGKAH
Kepala silindermesin empat langkah bentuk nya lebih besar bila dibandingkan kepala silinder mesin dua langkah yang mana pada kontruksi nya kepala silinder empat langkah sebagai berikut:a. Katup (valve = Klep).Terdapat dua buah katup untuk satu lubang silinder (Kecuali DOHC), antara lain katup masuk (inlet valve) dan katup keluar (exhaust valve). katup berfungsi sebagai pintu gerbang pemasukan bahan bakar dan pembuangan gas sisa pembakaran (exhaust).Untuk lebih jelasnya uraian megenai katup ini akan dibahas secara tersendiri di penjelasan berikutnya.B. Poros bubungan (Camshaft = Noken As).Poros bubungan berfungsi sebagai pengatur waktu pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang, poros ini dihubungkan melalui dua buah roda gigi (sprocket) dan rantai pada poros engkol (crankshaft).Untuk lebih jelasnya uraian megenai poros bubungan ini akan dibahas secara tersendiri di penjelasan berikutnya.C. Siripikanpendingin mesin (fln).Sirip pendingin mesin berfungsi untuk membuang panas mesin yang di akibatkan oleh proses pembakaran, kemudian panas mesin ini dirambakat kan pada sirip-sirip pendingin dan selanjut nya dibuang pada udara yang mengalir di sela-sela sirip pendingin. bagian mesin yang dilengkapi dengan sirip pendingin adalah blok silinder dan kepala silinder.
D. Ruang bakar (Combustion Chamber)Adalah sebuah lekukan dibagian bawah kepala silinder, mana pada bagian luar kepala silinder, di mana pada bagian ini terjadi proses pembakaranrumahbahan bakar.F. Lubang masuk dan lubang keluarlubang masuk adalah tempat mengalir nya bahan bakar dari karburator menuju kedalam lubang silinder, sedangkan lubang pembuangan adalah lubang tempat mngalir nya gas sisa pembakran dari lubang silinder menuju kebagian knalpot (silencer).KEPALA SILINDER MESIN DUA LANGKAH
kepala silinder mesin dua langkah bentuk nya lebih sederhana bila dibandingkan dgn kepala silinder mesin empat langkah. pada kepala silinder mesin dua langkah hanya terdapat antara lain, ruang bakar, sirip pendingin dan lubang tempat kedudukan busi.Untuk lebih jelas nya mengenai kepala silinder dua langkah akan dijelas kan tersediri di penjelasan berikut nya.terimakasih kepada para pembaca salam sejahtera bagi kita semua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar